Otosia.com - Kawasaki merupakan satu-satunya pabrikan motor yang 'getol' dengan produk varian motor trail di Indonesia. Hal ini sudah terbukti dengan hadirnya beberapa tipe motor penggaruk lumpur ini.
Hal inilah yang membuatnya kembali merilis varian terbaru dari motor trailnya bermesin 150cc yang terlaris di Tanah Air yakni generasi terbaru dari KLX150 yang diberi nama KLX150L.
Seperti yang kita ketahui bersama sebelumnya bahwa generasi terdahulu hadir dengan nama KLX150S, lantas apa sebenarnya perbedaan yang paling kentara di antara keduanya.
Berikut ulasan selengkapnya. (Data spesififikasi KLX150L dan KLX150S)
(kpl/abe)
Otosia.com - Kawasaki merupakan satu-satunya pabrikan motor yang 'getol' dengan produk varian motor trail di Indonesia. Hal ini sudah terbukti dengan hadirnya beberapa tipe motor penggaruk lumpur ini.
Hal inilah yang membuatnya kembali merilis varian terbaru dari motor trailnya bermesin 150cc yang terlaris di Tanah Air yakni generasi terbaru dari KLX150 yang diberi nama KLX150L.
Seperti yang kita ketahui bersama sebelumnya bahwa generasi terdahulu hadir dengan nama KLX150S, lantas apa sebenarnya perbedaan yang paling kentara di antara keduanya.
Berikut ulasan selengkapnya. (Data spesififikasi KLX150L dan KLX150S)
(kpl/abe)
Masalah sektor mesin, dari keduanya sebenarnya tidak ada perubahan yang sangat signifikan. Kedua model ini masih menggunakan tipe mesin berkubikasi 150cc SOHC, single-silinder, air-cooler, bore x Stroke (58 X 54,4mm) dengan asupan bahan bakar melalui sistem karburator KEIHIN NCV24.
Dari mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 11,6 hp pada 8000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12 Nm pada 6500 rpm. Dikarenakan masih 'menggendong' mesin yang sama sehingga untuk struktur rangka yang terkenal cukup mumpuni dalam melibas trek Tanah Air masih dipertahankan sama persis dengan model yang lama.
Melihat sektor roda yang digunakan oleh keduanya, kita akan mendapati perbedaan yang sangat mencolok. Kawasaki KLX150L terbaru lebih terlihat bongsor dan kekar lantaran model ini menggunakan velg depan dengan ukuran 21 inci berikut 18 inci untuk sektor belakangnya.
Hal ini jelas memberikan beberapa keuntungan bagi penggemar trek offroad karena postur yang lebih tinggi mampu meminimalisir benturan pada blok mesin. Untuk model sebelumnya yakni KLX150S masih menggunakan velg depan 19 inci dan 16 inci untuk roda belakangnya.
Konsekuensi dari perubahan sektor roda ini mengakibatkan secara dimensi KLX150L lebih besar jika dibandingkan dengan KLX150S. Panjang dan tingginya mengalami penambahan sekitar 2cm untuk panjang dan tinggi jok ke tanah sekitar 87,5 cm. Untuk ground clearance-nya sendiri mnaik dari 25,5 cm menjadi 30cm.
Salah satu part yang turut mendongkrak tenaga adalah knalpot, pun tidak lepas dari perhatian Kawasaki Motor Indonesia (KMI) untuk di-upgrade.
Beberapa referensi menyebutkan bahwa sektor ini mampu mendongkrak performa hingga 15 bahkan 20 persen pada motor mesin 4-langkah (4Tak).
KMI memberikan bentuk silincer terbaru yang mungkin terbilang agak unik, mengingat silincer ini terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan silincer pada model lama (KLX150S).
Perbedaan lainnya yang menuntuk kita untuk lebih jeli dalam melihat yakni sektor suspensi belakangnya. KMI masih mempercayakan sistem Uni-Track sebagai piranti peredam goncangan ekstrim pada motor penggaruk tanah ini.
Bedanya, jika pada model lama (KLX150S) menggunakan uni-track dengan panjang travel sekitar 7,1 inci atau setara 180mm, sedangkan untuk model terbaru ini (KLX150L) memiliki travel yang lebih panjang yakni sekitar 190mm.
Untuk sektor jok, perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya yakni permainan paduan warna pada KLX150L yang lebih dinamis.
Kali ini KMI membekalinya dengan lapisan jok dual-tone atau perpaduan dari dua warna yang berbeda. Paduan warna hijau dan hitam pada jok KLX150L terlihat lebih 'manis' jika dibandingkan dengan warna jok pada KLX150S (hitam saja).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar