Jumat, 06 September 2013

Keajaiban Alam Di Dunia ( Natural Wonder In The World )


Allah sungguh maha besar telah menciptakan langit bumi dan segala isinya untuk kita umat manusia, tanda-tanda kebesaranNya bisa kita lihat di beberapa tempat di muka bumi ini. Beberapa Keajaiban Alam (Natural Wonder) dapat kita nikmati dan sungguh suatu pemandangan yang luar biasa. Ini adalah setitik keindahan dari surga sebagai tanda kebesaranNya.

1. Angel Falls in Venezuela 
Angel Falls atau dalam bahasa Pemon “Kerepakupai meru” yang berarti "air terjun dari tempat yang paling dalam" adalah air terjun tertinggi di dunia, dengan tinggi 979 m (3.212 kaki) dimana air terjun ini berasal dari tepi gunung di Auyantepui di Taman Nasional Canaima. Angel falls adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO di Gran Sabana wilayah Negara Bolívar, Venezuela. Karena ketinggiannya maka sebagian air yang jatuh tertiup oleh angin sehingga berubah menjadi gas sebelum sampai ke Tanah dan bau gas ini dapat tercium sampai sejauh 1 mil. Air yang jatuh masuk ke sungai kerep dan mengalir ke sungai Churun sebuah anak sungai dari sungai Carrao. 

2. The Bay of Fundy in Nova Scotia, CanadaTeluk Fundy (Perancis: Baie de Fundy) adalah sebuah teluk di pantai Atlantik Amerika Utara, di ujung timur laut Teluk Maine antara provinsi Kanada New Brunswick dan Nova Scotia, dengan menyentuh sebagian kecil negara bagian Amerika Serikat Maine. Teluk Fundy dikenal dengan kisaran pasang surut yang tinggi dan teluk ini diyakini sebagai tempat yang memiliki kisaran pasang surut vertikal tertinggi di dunia dengan di bagian utara Teluk Ungava Quebec dan Muara Severn di Inggris. Beberapa sumber mengatakan bahwa nama "Fundy" diambil dari kata Prancis "Fendu", yang berarti "membelah", sedangkan sumber lain mengatakan kata “Fundy” itu berasal dari bahasa Portugis “Fondo” yang berarti "saluran". 
3. The Grand Canyon in Arizona, USAGrand








Grand Canyon (Spanyol: Gran Canon) adalah ngarai yang curam terbentuk dari aliran Sungai Colorado di Amerika Serikat di negara bagian Arizona. Ini termasuk taman nasional Amerika Serikat yang pertama dikenal dengan nama Grand Canyon National Park. The Grand Canyon memiliki panjang 277 mil (446 km) dan lebar berkisar 4-18 mil (6-29 km) dan mencapai kedalaman lebih dari satu mil (1.83 km ) (6.000 kaki). Grand Canyon ini terbentuk kira-kira Hampir dua miliar tahun yang lalu, pada saat Colorado plateu ini terangkat terbentuklah sungai Colorado yang mengikis lapisan batuan.Sementara proses dan waktu geologi yang membentuk Grand Canyon masih menjadi perdebatan oleh para ahli geologi, beberapa bukti baru-baru ini menunjukkan Sungai Colorado membentuk ngarai sedikitnya 17 juta tahun yang lalu. Sejak saat itu Sungai Colorado terus mengikis dan membentuk ngarai seperti kita bias melihatnya sampai hari ini.


4. The Great Barrier Reef in Australia
The Great Barrier Reef adalah gugusan terumbu karang terbesar yang terdiri dari lebih 2.900 jenis karang dan 900 
pulau saling berhubungan dengan panjang lebih dari 2.600 kilometer (1.600 mil) dengan luas sekitar 344.400 kilometer persegi (133.000 sq mi ).Gugusan karang ini terletak di Laut Koral, di lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Great Barrier Reef dapat dilihat dari luar angkasa dan merupakan struktur tunggal yang terbentuk dari organisme terbesar di dunia. The Great Barrier tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1981 dan tercatat sebagai salah satu dari 7 keajaiban alam dunia.


5. Iguaçú Falls in Brazil/ArgentinaIguazu Falls atau Iguacu Falls adalah air terjun dari Sungai Iguazu yang terletak di perbatasan negara bagian Paraná Brazil dan Argentina provinsi Misiones. Air terjun terdiri dari 275 titik jatuh di sepanjang 2,7 kilometer (1,67 mil) dari Sungai Iguazu. Beberapa titik air terjun mempunyai ketinggian 82 meter (269 kaki) meskipun mayoritas ketinggiannya adalah sekitar 64 meter (210 kaki). The Devil's Throat berbentuk U dengan ketinggian 82 meteri dan lebar 150-meter dan lengkungan 700 meter, adalah yang paling mengesankan dari semua, dan menandai perbatasan antara Argentina dan Brasil. Dua pertiga dari air terjun berada dalam wilayah Argentina.



6. Krakatau Island in IndonesiaKrakatau adalah sebuah pulau vulkanik yang terbentuk dari lava yang terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra di Indonesia. Nama ini digunakan untuk kelompok pulau, pulau utama disebut Rakata. Letusan Krakatau Yang paling terkenal terjadi pada 26-27 Agustus 1883, yang merupakan salah satu peristiwa vulkanik paling Dahsyat dan dicatat dalam sejarah modern. Dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) dari 6 letusan itu setara dengan 200 megaton TNT (840 PJ) sekitar 13.000 kali ledakan bom nuklir Little Boy (13-16 kT) yang menghancurkan Hiroshima, Jepang selama Perang Dunia II dan empat kali hasil Tsar Bomba (50 MT) Senjata nuklir terbesar yang pernah diledakkan. Letusan pada 1883 mengeluarkan material pyroklastik yang terdiri dari batu, pasir dan abu sekitar 21 kilometer kubik (5.0 cu mi). Ledakan yang dahsyat itu terdengar sampai Perth di Australia Barat yang jauhnya sekitar 1.930 mil (3.110 km) dan Pulau Rodrigues dekat Mauritius yang jaraknya kira-kira 3.000 mil (5.000 km)





7. Mount Everest in Nepal
Gunung Everest - juga disebut Qomolangma Peak (Tibet) gunung Sagarmatha (Nepali) adalah gunung tertinggi di Bumi yang mencapai 8.848 meter (29.029 kaki) di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Himalaya di Asia, terletak di perbatasan antara Sagarmatha Zone, Nepal, dan Tibet, Cina. Pada tahun 1856 survey oleh ahli dari India menentukan titik tertinggi mount everest yang dikenal sebagai sebagai Peak XV dengan ketinggian 29.002 kaki (8.840 m). Tahun 1865, nama Everest diresmikan oleh Royal Geographical Society atas rekomendasi Andrew Waugh, Surveyor Inggris Jenderal India pada waktu itu.





8. Mount Fuji in JapanGunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang mencapai 3.776 m (12.388 ft). Gunung fuji ini adalah salah satu dari 3 pegunungan suci di jepang (Gunung Tate, Gunung Haku). Gunung Fuki ini adalah gunung berapi aktif, terakhirmeletus pada tahun 1707 – 1708. gunung Fuji ini terletak di sebelah barat Tokyo.

9. Mount Kilimanjaro in TanzaniaKilimanjaro adalah Stratovolcano raksasa yang mulai membentuk satu juta tahun yang lalu. Kilimanjaro terdiri dari tiga kerucut gunung berapi yang berbeda: Kibo 19.340 kaki (5.895 meter); Mawenzi 16.896 kaki (5.149 meter); dan Shira 13.000 kaki (3.962 meter) Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika dan tertinggi keempat di dunia mencapai 15.100 kaki (4.600 meter) dari dasar ke puncak. Letusan besar terakhir adalah 360,000 tahun yang lalu, sementara kegiatan terbaru hanya 200 tahun yang lalu. Kilimanjaro terbentuk lebih 2,2 kilometer persegi es glasial dan kehilangan dengan cepat akibat pemanasan global. Gletser menyusut 82% sejak tahun 1912 dan menurun 33% sejak tahun 1989. Kemungkinan es akan habis dalam waktu 20 tahun


10. Niagara Falls in Ontario (Canada) and New York State (USA)
Niagara Falls adalah air terjun produktif di SungaiNiagara, berada di perbatasan internasional antara provinsi Kanada Ontario dan negara bagian New York. Air terjun Niagara memanjang sekitar 17 mil (27 km) utara-barat laut Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) selatan-tenggara Toronto, Ontario.Niagara Falls adalah terdiri dari dua bagian utama yang dipisahkan oleh Horseshoe Falls, yang sebagian besar terletak di sisi perbatasan Kanada, dan American Falls di Amerika. Meskipun air terjun Niagara tidak tinggi, tetapi air terjun Niagara lebar. Air yang jatuh mencapai Lebih dari (168.000 m³ /menit) saat mencapai puncaknya, dalam kondisi normal rata-rata mencapai (110.000 m³/ menit) Ini adalah air terjun yang paling besar dan deras di Amerika Utara.
11. Paricutin Volcano in Mexico
Paricutín adalah sebuah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di negara bagian Michoacán Meksiko. Di beberapa versi gunung Paricutin ini termasuk Tujuh Keajaiban Alam Dunia. Gunung berapi Paricutin ini muncul sebagai sebuah celah di ladang jagung P'urhépecha dimiliki oleh seorang petani, Dionisio Pulido pada tanggal 20 Februari 1943. Pilido, istrinya dan putra mereka menyaksikan awal dari letusan yang mengeluarkan abu dan batu saat mereka sedang bekerja di kebun mereka. Gunung berapi tumbuh dengan cepat, mencapai tinggi lima tingkat hanya dalam seminggu, dan itu bisa dilihat dari jauh dalam satu bulan. Sebagian besar pertumbuhan gunung berapi terjadi selama tahun pertama, sementara itu masih dalam fase piroklastik eksplosif Desa-desa terdekat Paricutín (kemudian menjadi nama gunung api tersebut) dan San Juan Parangaricutiro tertutup oleh lava dan material pyroklastik. warga dipindahkan ke lahan kosong di dekatnya. Pada akhir tahap ini, setelah kira-kira satu tahun, gunung berapi telah tumbuh mwncapai 336 meter (1,102.36 ft). Selama delapan tahun masih terjadi letusan, walaupun ini relatif tenang didominasi oleh letusan-letusan lava yang akan menghanguskan sekitar 25 km ² (9,65 mi ²) tanah. Pada tahun 1952 letusan berakhir dan Paricutín terdiam, ketinggiannya mencapaii 424 meter (1,391.08 ft) di atas ladang jagung.
12. Victoria Falls in Zambia/Zimbabwe
The Victoria Falls atau Mosi-oa-Tunya (the Mist yang Thunders) adalah air terjun yang terletak di Afrika bagian selatan Sungai Zambezi di antara negara-negara di Zambia dan Zimbabwe. The Victoria Falls yang dianggap oleh beberapa orang adalah satu di antara Tujuh Keajaiban Alam Dunia. Adalah David Livingstone warga Skotlandia seorang misionaris dan penjelajah, yang diyakini orang Eropa pertama yang merekam dan melihat Victoria Falls. Meskipun air terjun ini bukanlah yang tertinggi dan terlebar tetapi ini diklaim sebagai yang terbesar. Klaim ini didasarkan pada lebarnya mencapai 1.708 meter (5.600 ft) dan tinggi 108 meter (360 ft) membentuk lembaran air terjun terbesar yang jatuh ke sungai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar